Rabu, 02 September 2020

Tips dan Trik Makeup Teater

Dalam menunjang suatu pertunjukan teater, selain aktor yang bagus seperti yang kita ketahui dalam teater terdapat unsur artistic yang didalamnya di bagi menjadi beberapa bagian. Umumnya yang sering kita gunakan ada lima macam. Yaitu, tata panggung, tata cahaya (lighting), tata musik/suara, tata kostum dan tata rias.

Point yang akan kita bahas kali ini yaitu tata rias. Dimana tata rias sendiri di kembangkan lagi menjadi dua bagian yaitu make-up dan make over. Istilah makeup diisini merias hanya pada wajah dan bagian kepala sesuai dengan peran yang di mainkan. Sedangkan make over adalah merubah keseluruhan anggota tubuh dari mulai atas kepala hingga ujung kaki sesuai dengan peran yang di tentukan.

Melalui beberapa narasumber yang berkecimpung di dunia makeup teater khususnya Teater Tjerobong Paberik, akan kita ulas lebih dalam lagi mengenai makeup. Adapun perbedaan makeup teater dan makeup bukan untuk teater, yaitu yang sangat terlihat adalah perbedaan fungsinya. Menurut Noor "Osong" Hayati fungsi makeup bukan teater  yaitu menunjukkan versi lain dari diri seseorang yang lebih baik. Makanya ada istilah "lebih  cantik di makeup" ujarnya. Fungsi makeup teater sendiri yaitu untuk memberikan karakter seorang tokoh sehingga memperkuat atau menghidupkan suatu peran. Maka dari itu mengharuskan agar make-up teater lebih terlihat tegas dan tajam di setiap sentuhannya. 

Diperlukan shading yang tebal agar ketika diatas panggung pentas, wajah aktor yang terkena sorot cahaya terlihat jelas  conture wajahnya. Hal tersebut pula merupakan salah satu kesulitan dalam makeup teater yang dimana seorang makeup teater tak jarang untuk menghabiskan bedak, eye shadow, conture, blush on, body painting dan sebagainya.

penggunaan shading dan highlight yang tebal

Menurut narasumber kita Ricky "Oyet" Agung kesulitan dalam makeup teater yaitu harus observasi terlebih dahulu, hanya saja kita bisa isidental observasi plus kreasi. "aku pribadi kesulitan di make-up kalau bahan-bahannya tidak tersedia. walaupun kita bisa mensiasatinya, sebagai contoh penggunaan tepung angkue sebagai pengganti latex untuk membuat luka daging robekan" ujar narasumber lainnya Noor "Osong" Hayati.

makeup borok menggunakan tepung angkue

makeup zombie menggunakan kapas

Biasanya make-up teater di kenakan dalam jangka waktu yang panjang karena termakan persiapan dan durasi pentas yang akan di mainkan. Oleh sebab itu agar tidak merusak kulit, pemilihan merek/brand juga sangat berpengaruh. Selain itu metode yang di gunakan juga harus steril dan melalui banyak step. Dan setelah pentas pastikan untuk segera membersihkan makeup  tersebut. Beberapa step yang perlu dilakukan agar kulit wajah tidak rusak menurut Febrina "Kuneng" Azhari :

1. menggunakan moisturizer dan lanjut primer sebelum penggunaan foundation. fungsi moisturizer yaitu untuk melembabkan wajah dan primer untuk melindungi pori-pori. jadi, setidaknya ketika kulit tidak cocok dengan salah satu produk makeup tidak terserap secara langsung ke kulit.

2. Menggunakan brush atau spons pribadi sendiri untuk mengusap foundation.

3. setiap habis pemakaian,brush dan spons makeup dicuci  bersih dan dikeringkan

4.Gunakan micelar water atau milk cleanser setelah itu untuk memastikan makeup benar-benar bersih gunakan sabun pembersih wajah.

Berbicara tentang produk, make-up teater tidak mengharuskan untuk menggunakan produk mahal, hanya saja untuk kualitas tentu makeup teater mencari kualitas yang baik dan prodak makeup yang tahan lama lebih bagus lagi menggunakan prodak makeup water proof . Tips lain yang diberikan Agar makeup tahan lama oleh narasumber Dini "Obret" Rayani yaitu menggunakan setting spray dan penggunaan badak tabur yang banyak Sehingga tidak mudah luntur karena keringat saat berlaga di pentas. Hasilnya membuat pentas berjalan cantik dan mimik tokoh dapat terlihat jelas di atas panggung.


Sekian dulu, informasi yang bisa kita berikan. Semoga ilmu yang kita berikan seputar makeup teater dapat bermanfaat dan memperdalam wawasan kita. Yuk follow akun sosial media Teater Tjerobong Paberik lainnya..

Instagram : @teater_tjp

YouTube : Tjerobong Paberik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar